Advertisement

Responsive Advertisement

CariTruk: Jasa Penyewaan Truk Terpercaya di Indonesia

Ini adalah artikel Tips Memilih Jasa Penyewaan Truk Terpercaya di Indonesia. Sebelum saya tuliskan beberapa tipsnya, saya akan sedikit bercerita mengenai jasa penyewaan truk yang pernah dipakai oleh teman saya, untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar ke luar kota.
ilustrasi Truk dari wikipedia
Jujur saja waktu itu saya tidak tahu kalau truk sudah lazim dipakai oleh beberapa orang di daerah saya untuk mengirimkan barang komoditinya ke luar kota. Saya tidak tahu kalau beberapa pedagang Batik dan/atau Jeans di daerah saya yang biasa memasarkan produknya ke Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta, sering memilih menggunakan truk untuk mengangkutnya. Ini dilakukan oleh mereka para pedagang yang sudah istilahnya sudah memiliki pelanggan banyak dengan orderan besar. Karena sejauh pengetahuan saya sewaktu itu, para pedagang tersebut umumnya hanya menggunakan moda transportasi berupa minibus. Belakangan, saya juga baru tahu kalau jenis minibus yang biasa dipakai ini dilarang untuk mengangkuti barang.

Teman saya yang memiliki usaha konveksi Jeans, pernah sekali waktu mengajak saya berangkat ke pasar Beringharjo. Kami berdua menaiki mobil pribadi milik kawan saya tadi. Saya agak heran, katanya mau bawa barang ke pasar, tapi kok enggak ada barang apapun di dalam mobil?

“Lha ini di mana barangnya, bro?” tanyaku sesaat setelah duduk di jok mobilnya.
“Sudah jalan duluan tadi.” Jawab temanku sembari memulai perjalanan.

Saya kemudian diberitahu bahwa sudah beberapa kali ke belakang, teman saya ini menyewa truk untuk dipakai mengangkuti barang yang akan dijualnya di pasar. Saya mengangguk-angguk mencoba memahami. Hal seperti ini sudah cukup lazim dilakukan oleh pedagang dengan permintaan pasar yang cukup besar; pemilik barang ke pasar dengan mobil pribadi, sedangkan barangnya diangkut oleh truk.

Dari pengalaman itulah saya kemudian tahu bahwa truk juga biasa dipakai untuk mengangkuti barang-barang jenis pakaian untuk diperdagangkan di pasar. Nah, di sini saya akan sedikit membagikan tips mengenai pemilihan jasa penyewaan truk, box, dan pick-up di Indonesia. Kita tahu, satu hal yang perlu dipahami sebelum saya utarakan tips-tips tersebut adalah mengenai kepercayaan. Jadi, jasa penyewaan truk ini harus yang terpercaya terlebih dahulu. Selanjutnya, silakan simak di bawah.

Pertama: Harga.
Untuk mendeteksi apakah jasa penyewaan truk pengangkut barang ini terpercaya atau tidak, kita bisa melihat dari harganya. Namun demikian, maksud saya bukan mengenai mahal atau murahnya harga, melainkan tentang kepastian harganya. Tentu jika ada jasa Sewa Truk dengan harga yang sangat murah, misal dari Pekalongan ke Surabaya dengan harga hanya Rp 350.000, itu bisa dipastikan jasa penyewaan tersebut tidak dapat dipercaya. Jadi intinya, hal pertama tentang kepastian harga di sini yaitu harga yang realistis, masuk akal, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kedua: Bukti Pengiriman yang Jelas.
Ini cukup mudah dipahami, bahwa hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam mencari jasa penyewaan truk (bisa juga penyewaan mobil box atau pick up), adalah dengan meminta bukti pengiriman. Selain berguna jika ada suatu hal yang tak diinginkan terjadi, bukti pengiriman ini juga saya anjurkan yang mudah diakses. Artinya, jangan mau jika ada jasa penyewaan truk yang hanya memberikan secarik kertas dengan tulisan tangan apa adanya. Bukti pengiriman harus bisa di-scan melalui komputer. Untuk hal ini, bukti pengiriman yang tebaik adalah yang berupa data digital.

Dengan data pengiriman berbentuk digital, ini akan memudahkan kita nantinya untuk memeriksa apakah kirman kita sudah sampai ke tujuan ataukah masih dalam perjalanan dan seterusnya. Di samping itu, kita juga jadi tak perlu mempertebal dompet dengan berbagai kertas-kertas bukti pengiriman. Biar semuanya disimpan secara komputer.

Ketiga: Bisa Dilacak Secara Online.
Apa maksudnya? Maksudnya, selain dua hal di atas, kita juga perlu memastikan bahwa penyewaan truk yang kita pakai jasanya, sewaktu-waktu bisa kita lacak dan cari tahu secara online. Ini bukan berarti kita ingin terus mengintai keberadaan armada yang kita sewa, tetapi dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, kita butuh sesuatu yang dapat kita cari secara online. Dalam hal ini, melacak keberadaan moda transportasi yang tengah membawa barang kita ke tempat yang kita tuju, menjadi satu hal yang penting agar apabila ada pertanyaan dari calon penerima barang kita di lain tempat, kita bisa memberikan update-nya dengan tingkat akurasi tinggi.

Keempat: Efisiensi Biaya dan Waktu.
Satu hal lain berikutnya yang juga perlu kita perhatikan dalam memilih jasa penyewaan truk yang terpercaya adalah efisiensi biaya dan waktunya. Kita tentu tidak mau membayar biaya sewa yang selangit, tapi waktu yang dibutuhkan sangat lama. Terlebih jika keperluan kita cukup mendesak. Maka dari itulah kita perlu memerhatikan jasa penyewaan truk yang selain biayanya terjangkau dan realistis, waktu yang diperlukan untuk perjalanannya juga realistis, tepat, dan tidak molor seperti karet.

Untuk urusan Sewa Truk, Sewa Mobil Box, atau Sewa Pick-Up, kita harus secara seksama memerhatikan beberapa hal yang saya sampaikan di atas. Kita harus berhati-hati sekaligus teliti dalam urusan semacam ini. Karena jika kita salah memilih jasa sewa truk sekali saja, bisa jadi kita akan rugi besar.
Logo caritruk.com
Dari ke empat hal di atas tentang Tips Memilih Jasa Penyewaan Truk Terpercaya di Indonesia, untuk keperluan Sewa Truk, Sewa Mobil Box, dan Sewa Pick-Up dengan memerhatikan empat hal tersebut, saya merekomendasikan kalian untuk menggunakan CARITRUK (www.caritruk.com) yang sudah beroperasi di bidang bisnis logistik selama 40 tahun.

Demikianlah artikel tips ini saya bagikan kepada kalian. Apabila kalian merasa tips ini bermanfaat, silakan bagikan ke teman-teman kalian yang barangkali tengah membutuhkan informasi ini. Jika kalian merasa kurang suka dengan artikel ini, silakan tegur saya di kolom komentar.

Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments